Senin, 19 Maret 2012

bahan aditif pada makanan full

 halo para ojanners#istilah buat orang yg visit blog ane.
kali ini postinganya menarik lho yaitu tentang bahan aditif pada makanan.
saya ngepost berhubungan di sekolah ane lagi belajar ini
so??? simak ya  . . .



1.pengertian

  pengertian dari bahan aditif itu ialah bahan tambahan pada makanan, jadi suatu makanan yang ditambahahi suatu jenis bumbu atau semacamnya disebut  BAHAN ADITIF.

bahan aditif di bagi 2 yaitu yang alami dan buatan. oya sejak zaman dulu manusia sudah mengenal berbagai cara untuk memperenak makana dengan bahan2 alami dan terus berkembang hingga sekarang.



a. pengawet

 pengawet. itulah hal yang sering kita lihat hingga saat ini. pengawet ialah zat atau bahan tambahan yang dapat membuat suatu makanan bertahan lebih lama dan tidak basi atau busuk.

dulu, ketika zaman pertengahan orang mulai mencari cara untuk mengawet kan makanan, khususnya bagi para pelaut yang suka berlayar berbulan2. ketika itu manusia mulai mengerti cara sederhana seperti :
diasinkan, di asapin dan dan direndam di air gula seperti di bawah ini




          sebanarnya kerja bahan pengawet itu sangat lah gampang, yaitu membunuh bakteri yang ada pada makanan. dikarenakan sifat bakteri yang tidak dapat hidup di tempat extrim maka di buat lah pengawet . oya ada juga loh pengawet buatan atau sintetis yaitu :

1.sulfur dioksida untuk mengawetkan buah kering
2.asam dan natrium benzoat untuk mengawetkan minuman siap saji
3.sodium nitrit untuk mengawetkan daging
4. asam propionate untuk keju olahan



  nah ada cara lain lho untuk mengawetkan makanan, yap dengan cara di bekukan. kenapa dibekukan karena bakteri tidak bisa hidup di tempat yang terlalu dingin.










kalo yang ini bukan pengawet makanan  tapi adalah mayat! ini adalah borax , borak sering dicampur untuk mengawetkan bakso atau yang semacamnya. borax ini akan menjadi racun bagi tubuh kita lhoo







B.pewarna


pewarna makanan ialah zat aditif yang di tambahkan untuk memberi warna pada makana dan memperindah makanan.
nah pewarna makanan itu dibagi 2 yaitu yang alami dan buatan


bahan pewarna alami itu pewarna yang didapatkan dari alam contohnya kunyit dan daun suji. pewarna ini tidak berbahaya bagi tubuh lho berikut tabelnya :









 nah ada juga lho pewarna makanan yang sintetis sebenernya aman2 saja untuk di gunakan asal gk berlebihan ya  . . . .

contohnya :
quinoline yellow                           kuning kehijauan
annatto                                        merah
carmoisin                                     merah 
tartrazine                                     kuning
indigo carmine                             biru terang
eythrosine                                    merah muda
brilliat blu fcf                                biru hijau
                                          orange GCN                               kuning kemerahan                            

lebih lengkapnya liat tabel di bawah ya . . .




 c. pemanis


pemanis ialah bahan yang di tam bahkan untuk membuat suatu makan beratambah manis. biasanya orang menggunakan gula tebu atau gula merah akan tetapi setelah di teliti kemanisanya kurang dan berkalori tinggi, sehingga bisa menyebabkan diabetes oleh karena itu di buatlah pemanis buatan, seperti aspartam dan lain2





berikut contoh pemanis alami:





                   

pemanis buatan:

  pemanis buatan memang dibuat lebih manis dari pemanis alami akan tetapi rendah kalori sehingga tidat terlalu berbahaya untuk tubuh





contohnya :

sakarin : Sakarin, yang merupakan pemanis tertua, termasuk pemanis yang penting perannya dan biasanya dijual dalam bentuk garam Na atau Ca. Tingkat kemanisan sakarin adalah 300 kali lebih manis daripada gula wih manis banget tuh akan tetapi hampir tidak mempunyai kalori. Karena tidak mempunyai nilai kalori, sakarin sangat populer digunakan sebagai pemanis makanan diet, baik bagi penderita diabetes maupun untuk pasien lain dengan diet rendah kalori.





   kalo yang ini siklamat, siklamat hanya memiliki tingkat kemanisan 30x dari gula biasa lho, akan tetapi penggunaan siklamat sbg pemanis jarang loh







ini aspartam,Aspartam atau metil ester dari L-aspartil-L-fenilalanin merupakan pemanis baru yang penggunaannya diijinkan pada tahun 1980-an untuk produk-produk minuman ringan dan campuran kering (dry mixtures).  aspartam kemanisannya yang tinggi (200 kali kemanisan sukrosa) maka hanya ditambahkan dalam jumlah yang sangat kecil sehingga nilai kalorinya dapat diabaikan. Aspartam sangat disukai karena rasa manis yang dihasilkannya sangat mirip dengan gula.





d. penyedap

penyedap sudah digunakan dari dulu oleh masyarakat seperti gula,garam, jahe atau kemiri,dll. itu semua adalah cara alami untuk membuat masakan lebih enak sampai di temukanya MSG(monosodium glutamat) atau yang biasa kita kenal "vetsin". msg ini sebenarnya tdak memiliki rasa tertentu hanya msg ini menguatkan rasa dari bahan lain atau memberikan rasa manis dengan mengurangi rasa pahit dan asam. walaupun praktis kita tidak di anjurkan untuk memakai msg berlebihan, karna dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh kita

d. antioksidan



antioksidan, antioksidan ialah zat yang dapat mengkal radikal bebas yang berlebihan dengan menghambat oksidasi lemak, nah ada beberapa makanan yang di beri antioksidan supaya makanan tersebut tidak berbau tengik.

contoh antioksidan adalah vitamin c, vitamin e, dan lesitin .dan bisa didapat dari buah seperti manggis

e. suplemen
suplemen ialah bahan makanan yang digunakan untuk memenuhi kandungan vitamin atau zat penting lainya yang ada pada suatu makanan






nah sekian dulu yaaa . janji saya sudah ane tepati terus simak postingan saya yaaa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar